Kawah Putih Ciwidey Surga Wisata Bandung Selatan

Diposting oleh Unknown on 23/03/15

Kawah Putih Ciwidey
Kwah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey - Wisata Bandung Selatan Kawah Putih Ciwidey dikenal sangat Eksotis dan merupakan perwujudan dari beberapa tempat di Bandung sebagai Surga Bumi Parahyangan.

Kawah Putih Ciwidey adalah tempat wisata di Bandung selatan yang populer dengan ke-eksotisannya. Berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, berjarak kurang lebih 50 KM arah selatan kota Bandung, Kawah Putih Ciwidey adalah nama danau alami akibat dari meletusnya Gunung Patuha. Sama dengan namanya, tanah pasir yang di tempat ini berwarna putih akibat dari bercampur dengan unsur sulfur. Selain kultur tanahnya yang berwarna putih, air danau Kawah Putih ini juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.




Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2.400 meter. Dengan ketinggian kawasan wisata ini, suhu udara Kawah Putih tentu saja sangat dingin dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius, oleh sebab itu setiap wisatawan yang berkunjung ke sini, jangan sampai lupa membawa perlengkapan pakaian tebal yang bisa menghangatkan.

Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya tempat shooting film, melukis, pengambilan foto prewedding, sampai dengan kegiatan hiking pun bisa dilakukan di kawasan wisata bandung selatan ini.

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Cerita mengenai Kawah Putih Ciwidey Bandung bermula pada abad ke 10 di mana terjadi sebuah letusan hebat oleh Gunung Patuha. Setelah letusan ini, banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati.


Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan
Gerbang Masuk Kawah Putih Ciwidey
 Seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan mengenai angkernya tempat ini mulai pudar, sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian. Peneliti yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tersebut sangat tertarik dengan kawasan pegunungan sunyi yang bahkan tidak ada burung yang terbang di atasnya sehingga ia berkeliling desa untuk mencari informasi. Pada saat itu, seluruh informasi yang ia dapatkan adalah bahwa kasawan tersebut angker dan dihuni oleh mahluk halus.


Jangan Lewatkan Baca : 7 Keajaiban Tempat Wisata Di Bandung Selatan

Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pernyataan masyarakat setempat tersebut tidaklah masuk akal. Karena tidak percaya dengan cerita-cerita tersebut, ia pergi ke dalam hutan rimba untuk mencari tahu apa yang ada di sana. Singkat cerita, akhirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak gunung, dan dari sana ia melihat keberadaan sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat.


Kawah Putih Bandung
Kawah Putih
 Sejak itu, keberadaan Kawah Putih Ciwidey menjadi terkenal dan mulai dari tahun 1987 pemerintah mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik melihat danau yang dapat berubah warna. 

Rute Jalan Ke Kawah Putih Ciwidey

Wisata Bandung Selatan yang beralamat di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Situ Patenggang dan dapat dicapai dengan mudah bila Anda membawa kendaraan pribadi karena terdapat banyak penunjuk jalan. Dari Jakarta, Anda hanya perlu menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol Kopo. Dari sana Anda harus menuju ke Soreang dan berkendara ke bagian selatan Ciwidey.

Bila menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik angkot dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, Anda dapat menggunakan angkot yang menuju Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Kawah Putih.

Fasilitas Di Kawah Putih Ciwidey

Karena telah dikembangkan sebagai kawasan wisata, Kawah Putih mempunyai fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang sangat memadai, yaitu:

1.Area parkir yang luas
2.Mushola
3.Transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah
4.Pusat informasi
5.Restoran dan warung makanan
6.Toilet

Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Harga tiket masuk kawah putih ciwidey di hari biasa atau disebut juga weekday ter-update bulan Februari 2015 untuk wisatawan lokal per orang Rp. 18.000,- sedangkan untuk pelancong mancanegara adalah Rp. 50.000,untuk ini belum termasuk kendaraan dari parkir bawah pulang pergi sampai parkir atas kawah putih, bolak-balik dengan tarif sekarang Rp. 15.000,-. Begitu pula untuk pengunjung kawah putih ciwidey yang akan berkunjung pada hari libur, baik libur sekolah (tanggal-tanggal merah) atau libur lebaran bagi umat Islam.

Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey
Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey
Tips Traveling ke Kawah Putih Ciwidey

Untuk kenyamanan serta kesehatan anda selama berwista di Tempat wisata di Bandung selatan ini,maka saya sarankan beberapa hal yang bisa anda siapkan sebelum pergi ke Kawah Putih Ciwidey :
 
1.Suhu udara yang dingin bukan berarti Anda aman dari sengatan matahari, gunakan sunblock sebelum beraktifitas di Kawah Putih
2.Bila Anda tidak kuat dengan bau belerang, bawahlah masker
3.Bila tidak mempunyai masker, Anda dapat membelinya di lokasi
4.Jangan terlalu lama berada di kawah karena dapat membuat pernafasan Anda terganggu, Anda dapat naik sebentar ke atas dan kemudian kembali lagi ke kawah bila masih ingin melihat pemandangan Kawah Putih
5.Bila rombongan Anda terdiri dari sedikit orang, sebaiknya memarkir kendaraan di gerbang dan kemudian lanjut menggunakan ontang-anting karena lebih murah, selain itu dengan ontang-anting Anda dapat menikmati pemandangan hutang pegunungan dengan jelas.
Demikianlah Informasi seputar Tempat Wisata Bandung Selatan yang populer Kawah Putih Ciwidey,semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu anda sebagai rujukan serta periapan sebelum mengisi acara liburan anda bersama keluarga/ Wisata Bandung Selatan - Kawah Putih Ciwidey



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Ceritakan Kesan Dan Pesan Artikel Wisata Bandung Selatan